Jumat, 10 Februari 2017

Alur Mendapatkan Surat Izin Kerja (SIK) Perawat

Alur Mendapatkan Surat Izin Kerja (SIK) Perawat di Dinkes Kota:

Assalamualaikum sahabat,
Perkenankan kami berbagi pengalaman bagaimana cara memperoleh SIK Perawat di DKK Kota Padang sebagai prasyarat bekerja di RS Unand. Mudah-mudahan apa yang kami tulis diblog ini bisa menjadi refererensi bagi sahabat yang sedang membutuhkan SIK di instansi tempatnya bekerja saat ini.

Surat Izin Kerja (SIK) Perawat

DASAR HUKUM
: Undang-Undang Republik Indonesia no 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan
Waktu Kerja
: 1-5 hari Kerja
Biaya  
: Gratis

Persyaratan:
1.    Fotokopi Ijazah terakhir
2.    Fotokopi STR yang masih berlaku
3.    Surat Keterangan Sehat dari Dokter
4.    Surat Rekomendasi dari Organisasi Profesi (PPNI)
5.    Pasfoto 4x6 (latar merah) 2lbr
6.    Fotokopi  KTP

Sumber: DKK Kota Padang


Nah,  bagi sahabat yang sudah memiliki sarat tersebut bisa langsung datang ke Dinas Kesehatan Kota di tempatnya masing-masing.. Biaya Gratis… Pengalaman kami butuh waktu 10 hari kerja di DKK Kota Padang sebab saat itu sedang ada mutasi kepegawaian di instansi tsb.

Bagi sahabat yang belum memiliki STR bisa diganti dengan “Surat Pernyataan STR Dalam Proses Pengurusan / Pengurusan STR Online” dan masa berlaku SIK disesuaikan dengan masa berlaku STR sahabat. Jika sahabat belum punya STR maka SIK sahabat hanya berlaku untuk 6 bulan semenjak SIK diterbitkan.

Permasalahannya banyak diantara kita yang belum memiliki semua prasyarat tsb, terutama surat rekomendasi dari organisasi profesi. Nah utk mendapatkan surat rekomendasi sahabat harus melalui alur yang cukup panjang dahulu, berikut kami bagikan  pengalaman mendapatkan surat rekomendasi:
Bagi sahabat yang belum mendapatkan Surat Rekomendasi dari Organisasi Profesi (PPNI), sahabat harus daftar dulu menjadi anggota PPNI.

Alur Menjadi Anggota PPNI

Nah utuk menjadi anggota PPNI sahabat harus daftar dulu secara online di http://simk.inna-ppni.or.id/login/, Setelah formulir isian sahabat isi lengkap sahabat akan diarahkan untuk mentransfer uang pendaftaran ke rekening PPNI Kota nya masing-masing, (Contoh jika sahabat domisili di kota Padang, sahabat akan transfer ke rekening PPNI Kota Padang: 1002.0105.000048 Bank Nagari)
Dengan jumlah transfer Rp 360.000,- dengan rincian sebagai berikut:

Uang Pangkal Anggota Baru dan Iuran Keanggotaan PPNI
Periode 2016 - 2020

No
Jenis Iuran
Besaran
Persentase Pembagian
Pusat
Provinsi
Kota
Komisariat
1
Pendaftaran Angota





a
Uang Pangkal
100,000
15,000
20,000
25,000
40,000







2
Iuran Tahunan





a
Iuran Keanggotaan
200,000
30,000
40,000
50,000
80,000
b
Iuran ICN
60,000
60,000




Setelah mendapatkan kwitansi/bukti setoran dari bank atau ATM, langkah selanjutnya sahabat melapor ke bendahara PPNI Kotanya masing-masing (Kota Padang: Bu Beben 081374171675 dengan Alamat:  Balai Kesehatan Mata Masyarakat (BKMM) Jl Gajah Mada/ Gunung Pangilun).
Selanjutnya sahabat akan dibuatkan Kwitansi dari Bendahara seperti ini:



Setelah lapor ke bendahara, langkah selanjutnya sahabat memasukkan surat permohonan utk menjadi anggota PPNI (tulis tangan) diantar langsung ke sekretaris PPNI Kota (Bu Riyen: 08126774815 Alamat Ruang Cenderawasih RSJ HB Saanin Padang). Berikut contoh surat permohonannya:

Setelah surat permhonan menjadi anggota sahabat antar ke alamat, alur yg mesti sahabat lalui sudah selesai, tinggal menunggu balasan dari sekretaris kapan NIRA (nomor induk registrasi anggota PPNI) sahabat keluar…
Sekretaris kota juga akan membuatkan surat rekomendasi utk pengurusan SIK, utk surat rekomendasi ini sahabat akan dikenakan tariff Rp. 15000,- disetor langsuk ke rekening PPNI Kota..
Lama Pengurusan 2-3 hari…
Surat Rekomendasi Organisasi Profesi akhirnya sahabat dapatkan…

(Abdul Aziz)

5 komentar:

  1. Kak saya mau Tanya pengurusan untuk menjadi anggota Ppni hanya bisa dilakukan di daerah domisili tempat tinggal Atau sesuai dengan tempt kita bekerja.

    BalasHapus
  2. Maaf telat respon... Untuk pengurusan anggota PPNI sebaiknya sesuai dengan wilayah tempat kita bekerja bukan domisili tempat tinggal.. Nanti Dinkes akan meminta surat rekomendasi PPNI sesuai dengan wilayah tempat kita bekerja bukan sesuai domisili kita.. Nanti kalau kita pindah kerja maka di web ppni yang baru sudah ada kolom mutasi komisariat, supaya keanggotaan PPNI kita pindah ke komisariat yg baru..

    BalasHapus
  3. Saya jihan pratama
    Saya ingin mendaftar nira dan sudah di lakukan tetapi belum ada balasan dari ppni ?
    Mohon bantuan nya dan solusinya apa langkah selanjutnya untuk saya berikut saya belum mendapat balasan dari ppni

    BalasHapus
  4. Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menabrak karena hutang.

    Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaan itu THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan

    Saya sangat senang bahwa Tuhan menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk dihubungi
    ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan.

    Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang serta kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
    Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp nomor +15614916019
    Anda juga dapat mengontrak ibu: facebook Facebook: christabelmissancompany@gmail.com
    Nomor WhatsApp +15614916019
    email: christabelloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  5. Ka saya mau tanya. Misalnya saya kerja di satu rumah sakit dan sudah ada SIK atas nama rs tersebut. Terus misalnya aya resign dan akan pindah ke rumah sakit lain. Apakah SIK bisa dibuat ulang atau bagaimana ya ka?? Mohon bantuannya

    BalasHapus